Jumat, 30 September 2016

Ilmu Manajemen Waktu Dengan Google Calendar


Manajemen arti awamnya adalah mengatur,,
Manajemen waktu ya berarti mengatur waktu agar bisa digunakan dengan efektif dan efisien..

Apa itu Efektif ?
Efektif adalah jika suatu kegiatan atau pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Apa itu Efisien ?
Efisien dapat diartikan dalam menyelesaikan suatu tujuan tertentu antara usaha dan hasil yang diberikan harus optimal. Kalau bisa output yang dihasilkan dari suatu usaha lebih besar dari (Sumber Daya Manusia}/SDA {Sumber Daya  Alam}) yang dikeluarkan.

Ilmu Manajemen Waktu ini berlaku bagi pekerja maupun non pekerja. Maksud saya pekerja disini adalah orang yang bekerja terikat oleh perjanjian kerja dengan pihak lain. Non pekerja adalah bekerja namun tidak terikat kontrak, seperti Ibu Rumah Tangga adalah jenis pekerjaan yang tugasnya tanpa akhir. 

Walaupun kita misal hanya stay dirumah untuk mengurus pekerjaan rumah tangga, namun kita perlu dan wajib untuk menggunakan manajemen waktu yang baik. 

Google Calendar
Apalagi buat para pekerja yang memiliki dateline untuk suatu project khusus, it's a must to have a good time management. Seperti ketika kita harus meeting yang penting dan tidak boleh terlewatkan, nah disinilah peran reminder. 

Banyak aplikasi yang bisa digunakan salah satunya dengan Google Calendar. Google Calendar ini merupakan salah satu fasilitas yang bisa digunakan jika kita para pengguna GMAIL. Kita dapat meng-create beberapa jenis kalender sesuai dengan kebutuhan. 

Berikut saya berikan langkah-langkah create google calendar :
1. Wajib punya GMAIL ya
2. Login ke Gmail 
3. Pilih pojok kanan tanda thumbnail --> Calendar


4. Klik tanda panah di kalender (seperti tampilan dibawah) --> pilih Buat Kalendar Baru


5. Akan muncul tampilan seperti dibawah :


6. Misal kalian punya sebuah project dan kalender ini bisa juga di share ke email rekan yang lainnya. Pada bulatan warna merah yang terakhir, kalian bisa input email yang akan di share kalendernya. 




7. Selanjutnya cek di Calendar, maka akan muncul "Project" (tadi kita memberi nama kalendar dg Project)


8. Ada beberapa settingan kalender :

  • Hanya tampilkan kalender ini (jadi di tampilan kalender kita, hanya muncul kalender ber tipe "Project" saja)
  • Sembunyikan kalender
  • Setelan kalender, muncul tampilan seperti dibawah. Kita bisa menempelkan aplikasi Google Calendar ini di blog atau web kita. (Sematkan kalender ini pada situs web atau blog Anda dengan menempel kode ini ke dalam laman web Anda. Untuk melekatkan lebih dari satu kalender sekaligus, klik Ubah-Suai Tautan)




  • Jadwalkan acara di kalender ini, kita bisa menginputkan jadwal khusus untuk kelender "Project" 
  1. Tuliskan nama jadwalnya, misal Meeting Project X
  2. Setting jadwal meeting
  3. Inputkan tempat meeting
  4. Deskripsi acara
  5. Pilih warna kalender
  6. Tambahkan notifikasi dan pengingatnya berapa menit/jam/hari sebelum hari dan jam dilaksanakan
  7. Anda bisa mengundang rekan lain untuk bergabung di jadwal ini, dengan menginputkan email.

Yup, itulah serangkaian pembuatan calendar dan penjadwalan yang bisa dibuat menggunakan Google Calendar. Mungkin sudah sangat banyak sekali yang share bagaimana cara penggunaan google calendar. Siapa tau ada yang  nyantol kesini buat cari-cari tau tentang apa itu Google Calendar. Dan ini kan bisa sinkron di HP, entah settingan untuk notifnya kalau dulu bisa ke nomor kita by SMS. Namun sejak bulan dan tahun berapa saya nggak ngikutin banget,, jadi nggak bisa nambah notif by SMS. 

Gitu dulu ya sharing kita hari ini,, semoga bermanfaat ^_^

1 komentar: